Denken Indonesia
Denken Indoensia

Senin, 18 November 2019

Mau Bisnis Laundry

Mau cari bisnis nggak ada matinya, bisa coba bisnis laundry. Bisnis laundry saat ini di Indonesia sedang menjamur, mulai dari laundry kiloan, satuan, laundry karpet, laundry komersil. Laundry komersil merupakan istilah untuk laundry yang melayani hotel, fitmess, restauran, dan lainnya. Bisnis laundry memang tergolong bisnis yang nggak ada matinya, karena selama manusia hidup pasti pakai baju, dan baju setelah dipakai pasti butuh dicuci, seiiring dengan semakin sibuknya aktifitas dan cari yang simple, orang akan cari jasa untuk mencuci pakaiannya, disinilah laundry dibutuhkan.

Bisnis laundry yang paling bawah adalah laundry kiloan, mengambil pasar rumah tangga sibuk yang ingin praktis dan kesusahan mencarai asisten rumah tangga untuk ngurus pakaiannya. Untuk yang mau usahan laundry kiloan ada beberapa stategi yang bisa digunakan seperti buka lebih pagi dan tutup lebih malam, stategi ini bisa digunakan untuk memanjakan pasangan yang sama sama bekerja, sehingga pagi hari ketika berangkat kerja bisa menaruh pakaian kotor dulu dan malamnya ketika pulang dari kantor bisa sekalian ambil pakaian yang sudah selesai di cuci.

Bisnis laundry mirip mirip dengan bisnis makanan, karen keduanya merupakan kebutuhan primer selain papan. Kebutuhan primer manusia Sandang, Pangan, Papan, disini kita bahas kebutuhan sandang aja.

Buka usaha laundry atau binatu gampang-gampang susah, gampangnya secara naluri alami semua orang pasti bisa nyuci baju, ada pakaian kotor, rendam dalam air kasih detergen atau sabun, cari kotoran yang bandal, sikar sedikit dengan sikat lembut, bilas beberapa kali hingga sabun /detergen hilang, kasih pelembut atau pewangi, jemur, setelah kering setrika, lipat, selesai prosesnya. Tapi kalau kita buka usaha laundry yang dicuci bukan 1 - 2 pootong pakaian, tapi bisa ratusan bahkan ribuan pakaian yang pemilik dan jenisnya berbeda beda, disini baru mulai susahnya...

Untuk bahas susahnya bisnis laundry dibahas di tulisan berikutnya....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar