Denken Indonesia
Denken Indoensia

Selasa, 16 Januari 2018

Mau Bikin Laundry Komersial

Beberapa waktu yang lalu saya dapat telpon dari teman, dia bilang ada rencana mau buat bikin laundry komersil, target marketnya hotel-hotel di suatu tempat yang memang banyak sekali hotelnya, dan saya tau di daerah itu belum ada laundry komersil yang besar yang dapat melayani hotel-hotel di daerah sana. Saya tau karena saya pernah mengerjakan beberapa hotel besar di sana dan selalu diminta untuk buka laundry di sekitar daerah itu karena pasarnya besar. Iseng-iseng saya pun melakukan survey pasar sekaligus mencari lokasi yg cocok untuk bikin laundry disana, dan memang hasil survey dan perhitungan saya sangat berpotensi untuk membuka laundry komersil di daerah itu, cuma karena keterbatasan dana dan tidak mendapatkan investor, rencana hanya tinggal rencana, begitu mendengar ada teman yang mau buka laundry didaerah itu, saya langsung bilang siap gw bantu.......
Mesin kapsul

Target pasar laundry hotel, butuh laundry dengan kapasitas besar, minimal 3 ton perhari, lalu mesin-mesin seperti apa yang cocok ? 
teman saya bertanya....
Saya merekomendasikan menggunakan mesin  laundry lokal dengan daya tahan yang tinggi dan tahan banting, jangan pakai mesin impor, perawatannya bikin tekor, kenapa ? 
karena mau main laundry hotel yang diutamakan adalah volume cucian, harga minim, maksudnya ? kita main pendapatan recehan tapi jumlahnya banyak, hasilnya juga akan banyak....

Lalu mesin apa ? 

kita pakai mesin kapsul, mesin extrak, mesin dryer, mesin roll, dan setrika uap. 

Mesin-mesin ini terbukti memiliki daya tahan tinggi dan hasil cucian tidak kalah dengan mesin cuci import, dan yang paling penting ketersediaan spare part melimpah tidak perlu import dari luar negeri.

Mesin Extraktor
Ok,
kalau gitu gw mau : 
mesin cuci 50 kg dan 100 kg, mesin extrak, mesin dyer 50 kg dan 150 kg, mesin roll, setrika uap, masing-masing 1 biji,  

cukup nggak dan apa lagi yg gw butuhkan ? 
teman gw nanya...

Kalau untuk mesin cuci, dengan total kapasitas mesin 150 kg, target kapasitas 3 ton perhari bisa di capai tapi untuk mesin pengeringnya kurang, biar bisa imbang kapasitas mesin cuci dan mesin pengering harusnya ada 2 mesin pengering kapasitas 50 kg dan 2 mesin pengering 150 kg, dan jangan lupa mesin extrak 2 buah, baru deh pas.

Tapi, kalau mau lebih pas lagi, setingan mesinnya lebih baik : 3 mesin cuci 50 kg, 2 mesin extrak 60 kg, 6 mesin pengering 75 kg, 1 mesin roll lebar 3 m, 1 mini boiler dengan 2 setrika steam.

Mesin Roll
Terus apa lagi yang perlu ?

jangan lupa bikin instalasi air yang cukup, filter yang pas,  instalasi listrik yg benar, 

maksudnya apa ?

Usaha laundry memiliki ketergantungan yang tinggi dengan sumber air yang banyak dan bagus, untuk mendapatkan air banyak, harus menggunakan beberapa sumur dengan kapasitas total minimal 10 m3 per jam, lalu kalau airnya nggak bagus gunakan filter air yang pas, sesuaikan dengan permasalahan airnya, dan kapasitas filter harus juga sesuai dengan kebutuhan minimal 8 m3 per jam.




kalau masih bingung mau tanya telpon aja :
Rahmat S
Telp / WA 0811969167

Tidak ada komentar:

Posting Komentar