Denken Indonesia
Denken Indoensia

Selasa, 10 Oktober 2017

Cara Gila Memulai Usaha Laundry

Beberapa kali saya mendapat telpon atau WA dari orang yang bertanya mengenai memulai usaha laundry. Pertanyaannya macam-macam, seperti berapa modal yang harus disiapkan, mesin apa saja yang harus dibeli, chemicalnya apa saja, bagaimana cara pemasarannya, dan lain-lain.

Bisnis laundry menurut mereka yang bertanya mungkin masih menjanjikan, karena siapa yang tidak mencuci baju setiap hari, setiap orang pasti mencuci baju jadi pasti pasarnya luas, memang luas tapi apakah menguntungkan ?. Setiap orang yang berbisnis pasti ingin untung, kalau nggak mau untung bukan bisnis, beramal namanya.

Coba disimak percakapan via WA saya ini :

  calon pengusaha : Selamat sore..

  denken : Sore

  calon pengusaha : Boleh saya tanya soal perlondrian..

  denken : Silahkan

  calon pengusaha : Apa saja sih kak yang perlu dipersiapkan untuk membuka usaha londri..dengan 
                                modal awal berkisar berapa?saya masih nol soal londri..dan saya ingin membuka                                  peluang usaha londri..karna ditempt saya masih sedikit kounter2 londri..

                                Untuk londri kiloan apa saja yang perlu dipersiapkan kak..

  denken :  Daerah mana

  calon pengusaha : Sukatani, bekasi

  denken : Punya modal berapa

  calon pengusaha : 5juta

  denken : 5 jt nggaj cukup, Minumal 50 jt

  calon pengusaha : Itu untuk alat2nya saja, 
                                Kebetulan twmpat juga belum punya..apa itu sudah termasuk untuk sewa tempat

Saya tidak menanggapi lagi percakapan, bukannya nggak mau bantu, tapi kasihan, usaha laundry tidak seindah yang dibayangkan, banyak kendala dan untungnya nggak banyak.

Membahas calon pengusaha laundry tadi, memang dengan modal 5 juta tidak cukup kenapa harus 50 juta ? modal 5 juta cukup untuk usaha laundry tapi anda harus kerja keras.... kerja keras seperti apa, bukankah dalam usaha memang harus kerja keras....

Dengan modal 5 juta anda bisa memulai usaha Laundry, tapi laundry seperti apa ? dengan uang 5 juga bila anda tetap ngotot mau usaha laundry berikut tips yang saya berikan : Uang 5 juta itu anda belikan beberapa buah ember besar dan kecil, penggilasan, sikat baju, detergen, sabun colek, meja setrika, setrika listrik, setrika uap, hanger, plastik, kawat untuk bikin jemuran, nota penerimaan laundry, dan brosur, sisakan sedikit untuk modal kerja.

Nggak pakai mesin, yang nggak mungkin dengan modal 5 juta beli mesin cuci, loh... kan ada mesin cuci yang harganya 800 rb, bisa beli 2 - 3 biji dong, untuk anda ketahui mesin cuci terbaik adalah tangan anda, yang kedua mesin cuci front loading, lupakan mesin cuci top loading yang harganya 800 rb, karena hasilnya tidak lebih bersih dibanding dengan cuci manual.

Gila banget cuci pake tangan, bisa gempor dong, itu yang saya maksud kerja keras..... margin keuntungannya juga lebih banyak pastinya dibanding dengan menggunakan mesin cuci.

Lalu berapa kita bisa dapat untung dari usaha laundry ini, misal harga jual Rp. 7.500 / kg, anda bekerja berdua dengan 1 orang asisten, gaji asisten 2 juta ( itu sudah besar banget ), kemampuan mencuci setrika sekitar 200 pc sehari, 1 kg isi 5 pc,  40 kg sehari, jadi sehari pendapatan anda Rp. 300.000, sebulan ( 30 hari ) Rp. 9.000.000, dikurangi biaya biaya : gaji, detergen, listrik, sabun, pelembut, plastik sekitar Rp, 5.000.000 sebulan, keuntungan anda Rp. 4.000.000, lumayan kan, dengan modal Rp 5 jt bisa dapat untung Rp. 4 jt sebulan.

Ya ini lah cara gila memulai bisnis laundry, anda mau mempraktekannya dan memulainya.......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar