Denken Indonesia
Denken Indoensia

Rabu, 20 Agustus 2014

Mesin Untuk Laundry Kiloan


Memulai usaha laundry itu mudah tetapi bila tidak anda cermati anda dapat melakukan kesalahan yang dapat merugikan dan membiriskan investasi anda. Secara bercanda teman saya yang sudah berkecimpung di bisnis laundry berkata, mau usaha laundry modalnya bisa cuma Rp. 200.000 hingga Rp. 10.000.000.000, wah rentang modalnya kok jauh banget dari ratusan ribu sampai puluhan milyard, ya, liat dari skala laundrynya, bila penasaran hubungi kami di 0811 969 167.

Mesin utama yang wajib dimiliki pengusaha laundry kiloan adalah :

  1. Mesin cuci
  2. Mesin pengering / tumbler dyer
  3. Setrika
1. Mesin Cuci

Mesin cuci ada dua macam top loading dan front loading, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan, namun saya tidak menyarankan menggunakan mesin top loading, karena dari segi kualitas hasil cucian, penggunaan chemical, dan air akan lebih jelek dibanding dengan mesin front loading, keunggulan mesin top loading hanya harganya yang lebih murah. 
Sedangkan mesin cuci front loading walaupun inventasi pada mesin cuci lebih mahal, tetapi akan terbayar dengan kualitas hasil cucian yang lebih bersih, penggunaan air dan chemical yang lebih irit, dan waktu pengeringan akan lebih cepat karena spin lebih kencang.
Setelah tau anda akan membeli mesin cuci front loading, lalu perhatikan kapasitas mesin cuci yang akan anda beli, jangan membeli mesin cuci dengan kapasitas besar diatas 15 kg, gunakan mesin cuci front loading dengan kapasitas 5 - 10 kg, karena jumlah sebanyak itulah yang lebih sering di cuci oleh mesin anda.

2. Mesin Pengering / tumbler dryer

Mesin pengering sangat diperlukan untuk mengerikan pakaian terutama yang tebal seperti handuk, bed cover, selimut, dll. Dengan memiliki dryer, laundry anda akan memiliki nilai tambah, karena tidak mengandalkan proses penjemuran yang akan terganggu bila musim hujan. 
Mesin pengering ada yang menggunakan panas yang berasal dari listrik, gas, steam, di laundry kiloan lebih banyak ditemukan dengan menggunakan listrik dan gas. Rekomendasi saya menggunakan mesin pengering gas, karena panas lebih cepat dan biaya lebih murah.
Membeli mesin pengering anda harus perhatikan kapasitas mesin cuci anda, bila mesin cuci anda kapasitas 5 kg minimal anda membeli mesin pengering dengan kapasitas 7 kg. Rasio mesin cuci dan mesin pengering adalah 1,5 x.

3. Setrika

Setrika yang harus dimiliki laundry adalah setrika uap dan listrik, setrika uap dapat menyetriuka lebih banyak, cepat dan efisien dibanding setrika listrik, dan tidak merusak sablon karet pada kaos. Setrika listrik digunakan untuk menyetrika kemeja yang berbahan katun, dengan batuan air yang di percik ke bahan lalu di setrika dengan setrika listrik, akan membuat kemeja lebih licin. 

Terakhir yang harus anda perhatikan dalam memilih mesin laundry adalah ketersediaan spare part dan service center, percuma bila anda membeli mesin dengan harga murah tetapi ternyata bila rusak tidak ada spare part dan mekanik yang dapat membetulkannya. Kami dapat memberikan rekomendari mesin-mesin yang layak anda beli agar usaha laundry anda berjalan dengan baik. Hubungi kami di 0811 969 167

Tidak ada komentar:

Posting Komentar