Denken Indonesia
Denken Indoensia

Jumat, 22 Agustus 2014

Fungsi Pemutih ( Bleach )

Pemutih atau bleach bukan untuk menghilangkan noda pada pada pakaian. Pemutih memiliki fungsi utama menghilangkan bayangan bekas noda ( filming ) yang masih tertinggal pada permukaan pakaian, selain itu bleach juga berfungsi sebagai pembunuh bakteri dan mensterilkan pakaian, dan mengembalikan warna putih.

Pemutih ada dua macam, yaitu Chlorine Bleach dan Oxygen Bleach, keduanya mempunyai fungsi yang berbeda.

Pemutih pakaian yang menggunakan bahan dasar chlorine / kaporit / pemutih. Kaporit mampu menghancurkan kotoran-kotoran pada pakaian putih yang telah dilapisi nida kotor berlapis-lapis, sehingga terlihat kekuningan atau gosong, kaporit dapat memunculkan kembali warna asli dengan catatan bahan kain menggunakan benang yang kuat.

Kaporit bekerja efektif pada suhu 60 - 70 derajat Celcius, yang perlu diperhatikan dalam penggunaan Kaporit adalah, jangan memasukkan kaporit pada saat suhu air sedang dalam proses pemanasan, masukkan kaporit pada saat suhu air sudah mencapai maksimal, karena setiap peningkatan suhu 10 derajat,  reaksi kaporit akan meningkat 2 x lipat, yang dapat menyebabkan kain menjadi rapuh. Tidak semua jenis kain tahan terhadap kaporit, seperti wool, sutera dan beludru.

Penggunaan chlorine bleach yang terlalu sering akan membuat benang pakaian menjadi cepat rapuh, dan umur pakaian menjadi lebih singkat. Pemutih pakaian dilakukan setelah noda pakaian dibersihkan oleh sabun alkali, jadi bersih bulu noda kotorannya baru dikembalikan warna putih.

1 komentar: