Denken Indonesia
Denken Indoensia

Kamis, 19 Desember 2013

Memilih Mesin Cuci

Memilih mesin cuci yang tepat akan memperngaruhi kinerja Laundry anda. Ada beberapa jenis mesin cuci yang ada dipasaran saat ini diantaranya :
  1. Mesin cuci front loading
  2. Mesin cuci top loading
  3. Mesin cuci kapsul
Mesin cuci front loading adalah mesin cuci yang memiliki pintu didepan, memiliki satu buah drum. Type mesin cuci yang sangat ideal digunakan untuk mencuci, proses pencucian dari awal hingga akhir diatur secara otomatis, anda tinggal memasukan cucian kotor, memberikan detergent, pelembut pakaian pada dispenser yang ada pada mesin cuci, memutar pogram, dan mesin cuci akan bekerja sendiri hingga selesai, bila telah selesai anda anda akan mendapati cucian anda setengah kering, anda tinggal mengeringkannya sebentar. Tingkat kekeringan hasil cucian dipengaruhi oleh berapa RPM pada saat spin / memeras cucian, semakin tinggi RPM semakin kering cucian anda. Laundry besar seperti bon vivo laundry menggunakan mesin cuci front loading.

  • penggunaan air yang hemat, 
  • dapat menggunakan air panas pada saat proses pencucian,
  • proses full otomatis, 
  • pemerasan air otomatis, 
  • pengisian air otomatis, 
  • hasil cucian kering, 
  • bantingan pada mesin cuci membuat cucian lebih bersih
  • hasil cucian cenderung lebih bersih.

  • harga relatif lebih mahal, 
  • system elektonik yang rumit membuat biaya perawatan mahal, 
  • water level bawaan mesin bila tidak bisa disetel pada saat pembilan akan cenderung kurang air, 
  • konsumsi listrik lebih besar.
Mesin cuci top loading adalah mesin cuci yang memiliki pintu di atas, ada yang memiliki dua drum dan ada yang hanya memiliki satu drum. Mesin cuci top loading dua drum, terdiri dari drum untuk mencuci dan drum untuk memeras, sedangkan mesin cuci top loading yang hanya memiliki satu drum memiliki system otomatis seperti mesin cuci front loading, dapat mencuci secara otomatis dari awal hingga selesai.

Mesin cuci top loading melakukan pencucian dengan menggunakan air yang banyak, proses pencuciannya hanya memutar-mutar air dan cucian tanpa memiliki efek bantingan seperti mesin cuci front loading. Hasil cucian kurang bersih, menggunakan air banyak, menggunakan detergent lebih banyak, dibeberapa merk tidak dapat menggunakan air panas untuk mencuci, adalah beberapa kelemahan mesin cuci top loading. Kelebihan mesin cuci top loading adalah harga yang relatif lebih murah.

Mesin cuci kapsul, dinamakan mesin cuci kapsul karena bentuknya seperti kapsul, dengan satu buah drum, memiliki kapasitas pencucian besar dari 20 kg hingga 250 kg untuk sekali cuci, mesin cuci kapsul biasa digunakan oleh industri laundry, kapasitas mesin besar, proses pencuciannya seperti mesin cuci front loading hanya tidak memiliki fasilitas spin, dan penggunaannya manual, mesin cuci kapsul tidak menggunakan peralatan elektronik yang rumit, perawatannya sangat mudah dan murah dengan spare part yang mudah diperoleh, proses pencucian manual membuat hasil cucian bergantung dari operator. Untuk menghasilkan cucian maksimal menambahkan air panas yang ideal pada mesin cuci kapsul serta menambahkan air yang banyak pada saat pembilasan, dapat menghasilkan cucian yang bagus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar