Denken Indonesia
Denken Indoensia

Rabu, 25 Desember 2013

5 Faktor Pencucian

Mencuci, semua orang pasti bisa melakukannya, tetapi tidak semua mengerti bagaimana mencuci yang baik dan bagaimana menghasilkan cucian yang baik. Cucian yang baik adalah cucian yang bersih bebas noda, warna putih bersih, warna cemerlang, dan bahan awet. Dalam ilmu laundry ada 5 faktor yang mempengaruhi hasil cucian yang dikenal dengan Lima Faktor Pencucian atau Five Cleaning Factor, yaitu :

1. Temperatur
Temperatur yang ideal untuk menghasilan cucian yang bagus minimal 70 derajat celcius, dan setiap penigkatan 10 derajat temperatur air akan meningkatkan daya pencucian 2 x lipat.
2. Time
Waktu pencucian yang ideal adalah 8 - 15 menit, sedangkan waktu pembilasan yang ideal adalah 3 menit untuk setiap kali pembilasan.
3. Chemical
Pemilihan kimia pembersih yang tepat dengan dosis yang tepat pula akan menghasilkan cucian yang baik dan biaya yang efisien, pemilihan kimia laundry harus disesuaikan dengan tingkat kekotoran, jenis linen, dan kondisi air. Air yang mengandung banyak besi harus menghindari penggunaan chlorine, karena akan menyebabkan linen menjadi kuning. Penggunaan oxygen pada proses pencucian akan mengurangi efek kuning pada cucian pada segala jenis air.
Dikenal juga bantingan cucian didalam mesin cuci, mecanical action dipengaruhi oleh : 
  • Jumlah cucian dalam mesin cuci, jumlah cucian harus disesuaikan dengan kapasitas mesin cuci, cucian yang terlalu sedikit akan mengurangi daya banting cucian dalam mesin cuci dan juga sebaliknya, cucian yang terlalu banyaj juga akan mengurangi daya banting cucian.
  • Level air, level air yang terlalu banyak akan mengurangi efek bantingan dalam mesin cuci dan juga akan membuat boros energy dan bahan kimia pembersih.
  • Busa, busa yang dihasilkan oleh detergent bila terlalu banyak akan mengurangi efek bantingan pada mesin cuci.
5.  Prosedur
Proses pencucian harus sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan, jumlah cucian, waktu pencucian, temperatur yang digunakan, level air yang digunakan, jumlah pembilasan, dan penggunakan chemical yang tepat
  • Pembilan 3 x lebih baik dari 2 x
  • Pembilasan dengan extrak lebih baik
  • Untuk pencucian dengan mesin kapsul, pembilan dapat dilakukan 3 - 4 x, sehingga pada saat dimasukkan sour, kondisi alkali sudah berkurang mendekati Ph 8. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar