Denken Indonesia
Denken Indoensia

Jumat, 01 November 2013

Peluang Bisnis Laundry

Bisnis laundry termasuk sedang boming akhir-akhir ini, namun untuk anda yang pemula dan ingin terjun ke usaha laundry jangan cepat terbujuk rayuan orang yang mengatakan binsis laundry mudah dan menguntungkan.

Bisnis laundry memang mudah bila kita hanya menjalankan asal-asalan, siapa yang tidak tau proses mencuci pakaian, sejak dahulu kita biasa mencuci, hanya butuh mesin cuci, air, listrik, detergen, setrika dan tenaga pencuci, pengertian mencuci ini benar namun untuk pakaian kita sehari-hari saja. Bila kita serius berbisnis laundry ada skala produksi yang harus kita perhitungkan, karena namanya usaha haruslah menguntungkan.

Bisnis laundry menguntungkan, benar menguntungkan, bila anda memiliki banyak pelanggan, dapat menjual dengan harga mahal, biaya operasional anda murah, invenstasi anda sedikit. Namun bila anda tidak berhitung cermat dalam menentukan investasi mesin-mesin yang akan anda gunakan, menghitung berapa harga jual yang menguntungkan dan dapat dijangkau pelanggan, menekan biaya operasional, bisnis laundry tidak akan menghasilkan keuntungan bahkan anda akan mengalami kerugian.

Laundry Komersil Saya
Tahun 2005 saya dikenalkan usaha laundry oleh teman-teman saya, saya tertarik, lalu melakukan investasi yang angkaya tidak kecil, pada saat itu nilainya kurang lebih dapat membeli 5 unit Toyota Innova baru. Saya tidak punya pengalaman di bisnis laundry ini, dan karena saya yakin teman-teman yang memperkenalkan usaha ini sudah memiliki kemampuan dan saya perpikir positif terhadap mereka, investasi pun dilakukan. Saya membeli mesin-mesin impor dari Eropa, mesinnya bagus, canggih, full otomatis, sangat bagus, namun ternyata mesin bagus tidak dapat menghasilkan keuntungan yang maksimal, karena kapasitas produksinya sedikit, dan mesin laundry yang saya miliki memiliki sistem kerja otomatis, semua mesin full elektronik, sehingga sangat susah untuk merawatnya. Jadilah laundry komersil saya berjalan dengan tidak efisien, kapasitas produksi kecil dengan biaya yang tinggi.

Untungnya di bisnis laundry adalah semua pelaku usaha laundry memiliki asosiasi prefesi laundry, dan semua orang yang berkecimpung di usaha laundry tidak pelit ilmu, sayapun bergaul dengan para pelaku usaha laundry, dan menimba ilmu dari mereka. Hasilnya saya harus meningkatkan kapasitas mesin laundry dengan mesin-mesin yang murah, efisies dalam bekerja dan mudah dalam perawatannya.

Saya membeli beberapa mesin buatan lokal yang memiliki kapasitas besar, harga murah dan perawatannya mudah, dalam waktu singkat kapasitas produksi laundry saya meningkat 4 x lipat dari awal memulai usaha. Dengan kapasitas besar saya mulai dapat melirik konsumen perusahaan seperti hotel, spa, fitness, pabrik yang jumlah cuciannya banyak.

Bila anda tertarik untuk memulai usaha laundry dan ingin mendapatkan pengalaman saya berbisnis laundry silahkan hubungi saya di 0811 969 167, saya tidak akan pelit membagi ilmu yang saya dapat dari guru-guru saya yang juga tidak pelit membagi ilmu usaha laundry kepada saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar