Denken Indonesia
Denken Indoensia

Jumat, 26 April 2013

Fungsi Sabun atau Detergen

Untuk menghasilkan cucian yang berkualitas kita harus mengetahui dan memahami jenis sabun dan cara pemakaiannya, sabun yang kita kenal dan gunakan sehari-hari pada dasarnya dibuat dari perpaduan minyak kelapa atau minyak sawit dengan soda api, ini yang kita sebut sebagai sabun biasa. Sedangkan deterjen (detergent) adalah sabun tiruan (synthetic detergent) dimana semua bahan dasarnya dibuat dari beberapa jenis kimia tertentu. 

Sabun biasa hanya dapat bekerja sempurna dalam kondisi air yang juga baik ( pH normal ), sedangkan dalam kondisi pH air tidak normal, sabun biasa justru akan bercampur dengan unsur-unsur mineral yang terkandung dalam air tersebut, yang akan menimbulkan bayang-bayang (filming) noda kotor pada mesin dan bahan yang dicuci.

Secara umum sabun dibedakan sebegai berikut :

Sabun netral, yaitu sabun yang belum dicampur dengan alkali atau sodium, sabun jenis ini digunakan untuk mencuci pakaian yang memiliki tingkat kekotoran ringan atau yang warnanya mudah luntur. Untuk memperkuat saya bersih harus dibantu alkali.

Sabun berdaya bangkit (emulsifier), sabun jenis ini sudah ditambahkan alkali, banyak digunakan unruk mencuci pakaian dengan tingkat kotoran berat. Istilah emulsifier dimaksud adalah bahwa sabun jenis ini mempunyai kemampuan mengumpulkan lemak atau minyak dari serat benang dalam bentuk butiran yang selanjutnya dilarutkan air.

Zat ensim (enzyme), zat ensim adalah katalisator yang memiliki kemampuan menghancurkan dan melarutkan noda karbohidrat dan protein, zat ensim tidak boleh dicampur dengan alkali atau bleach yang kuat karena akan mengurangi reaksi dari zat ensim itu sendiri. Zat ensim bekerja efektif pada suhu 49 - 72 C, dan akan menguat 2 x lipat setiap kenaikan suhu 10 C. Zat ensim bila dicampur dengan deterjen dengan tingkat alkali moderat akan menjadi bahan pembersih yang kuat, dangat efektif membersihkan segala macam noda pada pakaian. Zat ensim yang umum digunakan dalam proses pencucian adalah :
  • Proteases, untuk melarutkan protein
  • Amylases, untuk melarutkan karbohidrat
  • Lipases, untuk melarutkan minyak
Denken produsen kimia laundry untuk laundry hotel, laundry komersial dan retail, memproduksi ketiga jenis sabun diatas yang penggunaannya disesuaikan dengan kebutuhan anda. Deterjen produksi Denken memiliki busa yang sedikit sehingga aman bagi mesin cuci dan lingkungan, alkali yang digunakan dicampur dengan komposisi yang pas membuat deterjen laundry Denken sangat efektif mengangkat noda pada kain dengan biaya pencucian yang efisien. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar